- Pengertian Teori Belajar Humanistik
proses belajar harus dimulai dan ditunjukan untuk kepentingan memanusiakan manusia itu sendiri. Teori belajar humanistik sangat mementingkan isi yang dipelajari dari pada proses belajar itu sendiri.
- Prinsip Dasar Psikologi Humanistik
a) manusia sebagai suatu Memahami totalitas.
b) Metode yang digunakan adalah life history, berusaha memahami manusia dari sejarah hidupnya sehingga muncul keunikan individual.
c) Mengakui pentingnya personal freedom dan responsibility dalam proses pengambilan keputusan yang berlangsung sepanjang hidup
d) Mind bersifat aktif, dinamis.
- Aliran Teori Humanistik
- Bloom dan Karthwohl
a. Kognitif
Kognitif terdiri dari enam tingkatan, yaitu:
1. Pengetahuan (mengingat, menghafal)
2. Pemahaman (menginterpretasikan
3. Aplikasi (menggunakan konsep untuk memecahkan suatu masalah)
4. Analisis (menjabarkan suatu konsep)
5. Sintesis (menggabungkan bagian-bagian konsep menjadi suatu konsep utuh)
6. evaluasi (membandingkan nilai, ide, metode dan sebagainya)
Psikomotor terdiri dari lima tingkatan, yaitu:
1. Peniruan (menirukan gerak)
2. Penggunaan (menggunakan konsep untuk melakukan gerak)
3. Ketetapan (melakukan gerak dengan benar)
4. Perangkaian (melakukan beberapa gerakan sekaligus dengan benar)
5. Naturalisasi (melakukan gerak secara wajar)
c. Afektif
Afektif terdiri dari lima tingkatan, yaitu:
1. Pengenalan (ingin menerima, sadar akan adanya sesuatu)
2. Merespon (aktif berpartisipasi)
3. Penghargaan (menerima nilai-nilai, setia pada nilai-nilai tertentu)
4. Pengorganisasian (menghubung-hubungkan nilai yang dipercayai)
5. Pengalaman (menjadikan nilai-nilai sebagai bagian dari pola hidup)
B. Kolb
Kolb membagi tahapan kepada empat tahap:
1. Pengalaman kongkrit
seorang siswa hanya mampu sekedar ikut mengalami suatu kejadian.
2. Pengamatan aktif dan reflektif
siswa tersebut lambat laun mampu mengadakan observasi aktif terhadap kejadian itu, serta mulai berusaha memikirkan dan memahaminya.
3. Konseptualisasi
siswa mulai belajar untuk membuat abstraksi atau ”teori” tentang suatu hal yang pernah diamatinya.
4. Eksperimentasi aktif
siswa sudah mampu mengaplikasikan suatu aturan umum ke situasi yang baru.
C. Honey dan Mumford
honey dan mumford membuat penggolongan siswa menjadi 4
a. Aktivis
Ciri siswa yang bertipe aktivis adalah mereka yang suka melibatkan diri pada pengalaman-pengalaman baru, mereka cenderung berfikiran terbuka dan mudah diajak berdialog.
b. Reflektor
Siswa yang bertipe Reflektor cenderung sangat berhati-hati dalam mengambil langkah.
c. Teoritis
Siswa yang bersifat teoritis biasanya sangat kritis, senang menganalisis, dan tidak menyukai pendapat atau penilaian yang sifatnya subyektif.
d. Pragmatis
Siswa yang bersifat pragmatis biasanya menaruh perhatian besar pada aspek- aspek praktis dari segala hal. Namun kebanyakan dari siswa ini tidak suka berlarut-larut dalam membahas suatu teori.
D. Habermas
Habermas mengelompokan tipe belajar menjadi tiga bagian, yaitu:
1. Belajar teknis (technical learning), yaitu bagaimana siswa belajar berinteraksi dengan alam sekelilingnya
2. Belajar praktis (practical learning), yaitu siswa juga belajar berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya.
3. Belajar emansipatoris (emancipatori learning). Yaitu Siswa berusaha mencapai pemahaman dan kesadaran yang sebaik mungkin tentang transformasi cultural dari suatu lingkungan.
- Aplikasi Teori Humanistik Terhadap Pembelajaran Siswa
A. Peran guru dalam pembelajaran humanistik adalah menjadi fasilitator bagi para siswa sedangkan guru memberikan motivasi, serta memfasiliasi pengalaman belajar siswa.
B. Siswa berperan sebagai pelaku utama (student center) yang memaknai proses pengalaman belajarnya sendiri. Diharapkan siswa memahami potensi diri , mengembangkan potensi dirinya secara positif dan meminimalkan potensi diri yang bersifat negatif.
C. Pembelajaran berdasarkan teori humanistik ini cocok untuk diterapkan pada materi-materi pembelajaran yang bersifat pembentukan kepribadian, hati nurani, perubahan sikap, dan analisis terhadap fenomena sosial.
- Kelebihan dan Kekurangan Dalam Teori Humanistik
1. Kelebihan dari teori humanistik adalah:
a) Bersifat pembentukan kepribadian,hati nurani,perubahan sikap,analisis terhadap fenomena social.
b) Siswa merasa senang,berinisiatif dalam belajar.
c) Guru menerima siswa apa adanya,memahami jalan pikiran siswa.
2. Kekurangan dari teori humanistik yaitu:
a) Bersifat individual.
b) Proses belajar tidak akan berhasil jika tidak ada motivasi dan lingkungan yang mendukung.
0 komentar:
Posting Komentar